Ada banyak cara mengatasi suku bunga KPR naik agar tidak boncos. Apa saja, kira-kira? Simak penjelasannya dalam artikel ini!

Program kredit pemilikan rumah (KPR) jadi solusi bagi banyak orang untuk bisa segera memiliki hunian.Saat mengajukan KPR, akan ada dua jenis bunga yang diterapkan, yakni fixed rate (tetap) dan floating rate (bunga mengambang).Keduanya menjadi salah satu pertimbangan utama ketika hendak menggunakan program KPR.

 

Pada masa awal menjalani KPR, pihak bank akan memberikan bunga fixed rate dengan periode tertentu. Setelah masa fixed rate habis, bunganya akan menjadi floating rate yang berubah-ubah menyesuaikan suku bunga pasar. Nah, bagi kamu yang akan memasuki floating rate , berikut cara mengatasi suku bunga KPR naik yang patut dicoba.

Cara Mengatasi Suku Bunga KPR Naik

Buat Perencanaan dan Alokasi Penghasilan

Cara mengatasi suku bunga KPR naik yang pertama adalah membuat perencanaan dan alokasi penghasilan yang tepat.Dalam membuat perencanaan keuangan, hal utama yang wajib dilakukan adalah membuat skala prioritas. Hal ini ditujukan agar setiap pengeluaran tercatat dengan rapi dan bisa dievaluasi.

Sisihkan Dana untuk Mengantisipasi Kenaikan Bunga KPR

Kenaikan suku bunga KPR sering terjadi secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan. Oleh karena itu, agar tidak kaget saat ada kenaikan suku bunga, sebaiknya kamu menyisihkan dana lebih setiap bulannya.

Umumnya, kenaikan bunga KPR biasanya berkisar 1 persen setiap terjadi kenaikan suku bunga. Untuk menentukan berapa dana yang perlu disisihkan tiap bulannya, kamu bisa melakukan perhitungan kasar 1 persen dari total pokok pinjaman KPR dan dibagi 12 bulan.

Tambah Penghasilan dari Sumber Lain

Saat memiliki cicilan KPR, sebaiknya jangan hanya mengandalkan penghasilan utama.Agar cicilan KPR terasa lebih ringan, apalagi jika terjadi kenaikan suku bunga, salah satu cara mengatasinya adalah menambah penghasilan dari sumber lain.

Apabila memungkinkan, kamu dapat menambah penghasilan dengan mengambil side job atau membangun usaha. 

Tabung Bonus dan THR

Tunjangan hari raya (THR) dan bonus tahunan yang didapat saat bekerja sebaiknya ditabung, alih-alih dihabiskan untuk hal-hal konsumtif. THR dan bonus yang kamu peroleh sangat tepat untuk dijadikan dana antisipasi ketika terjadi kenaikan suku bunga KPR.

 

Itulah beberapa cara mengatasi suku bunga KPR naik yang bisa kamu coba. 


Share this post:

Related posts:
Cara Jual Rumah KPR Paling Mudah, Bebas Ribet dan Untung!

Menjual rumah KPR memang sedikit berbeda dengan menjual rumah biasa.Ada proses dan persyaratan yang perlu dipenuhi.Nah, agar proses menjual rumah KPR kamu menjadi lebih mudah